Tips Membuat Betah Pengunjung Blog Kita


Blog Tips Blogging ini telah saya daftarkan ke google analytics sejak lama dan sesekali saya pantau lalu lintas pengunjung yang datang. Sebagian besar yang datang ke blog ini adalah melalui mesin pencari google dengan beberapa kata kunci. Anda bisa lihat traffic kata kunci di menu recent search term di side bar sebelah kanan. Karena blog ini dilengkapi dengan plugin SEO namanya All In One Seo Park dan Seacrh Term Tagging. Maka dengan beberapa artikel saya tulis bisa membuat blog ini agak SEO Friendly.

Yang membuat saya sedikit bertanya-tanya adalah waktu/lamanya membaca pengunjung yang sangat kecil. Maksudnya ketika visitor/pengunjung datang ke blog ini, mereka datang hanya sebentar saja. Saya lihat dalam statistik google analytics blog ini, ada yang datang hanya dalam hitungan detik. Yang paling tinggi hanya dalam hitungan menit saja. Inilah yang menjadi bahan pemikiran saya. Kenapa demikian? Bagaimana cara membuat pembaca blog betah berlama-lama di blog yang kita sayangi ini? Judul artikel ini memang Tips Membuat Betah Pengunjung Blog Kita, tapi maaf, sebenarnya adalah sebuah pertanyaan yang bertubi-tubi datang pada saya bagaimana caranya ya?

Mungkin Kwalitas Konten Artikel?

Ya. Mas Isnaini pernah ditanya oleh seorang blogger, bagaimana caranya agat traffic blog meningkat? Dia berkata, kuncinya adalah konten. Hanya dengan kwalitas konten artikel dan artikel yang berkwalitaslah maka pengunjung tidak hanya datang satu kali tapi akan datang untuk ke dua …ketiga dan bahkan berkali-kali. Bagaimana menulis artikel yang berkwalitas? Tentu saja tulisan yang berisi informasi yang bisa memberikan manfaat pada orang lain. Kalau tulisan yang kita sajikan tidak bisa memberikan manfaat apa-apa pada orang lain, jangankan membaca, menoleh mungkin tidak. Untuk itu konten is the king. Isi artikel adalah raja. Dan iniah tantangan saya sebagai blogger atau bahkan blogger-blogger yang lain ya.

SEO is Not The King ?

Mengoptimalkan blog di mesin pencari agar blog kita berada di halaman 1 ketika orang mencari sebuah informasi, adalah satu keniscayaan bahkan wajib bagi blogger. Tapi SEO saja tidak cukup. SEO yang optimal tetap harus diiringi dengan artikel yang berkwalitas tadi. Maka SEO bagi saya bukan segala-galanya. SEO is not the king. SEO bukanlah raja dalam upaya untuk membuat rasa nyaman dan betah bagi pengunjung. Artikulasinya begini. Ketika seseorang mencari sebuah informasi di google dengan kata kunci yang ia inginkan, lalu menemukan blog kita di dalam hasil pencarian, setelah itu ia akan membuka blog kita. Nich di sinilah tantangannya. Jika ia menemukan informasi yang bermanfaat di blog kita, maka dia akan merasa puas dan dia akan datang lagi nanti bila perlu. Bagaimana kalau dia tidak menemukan inti informasi yang dia cari? Saya yakin dia akan pergi dan tak akan datang lagi tuh dengan berkata, ah saya kok tidak menemukan informasi yang saya cari di blog ini. Cari yang lain saja ah…

Membuat betah pengunjung memang tidak gampang. Tapi jangan sampai membuat putus asa dan akhirnya membuang tugas utama kita sebagai blogger. Kita harus terus mencari ilmunya. Kita harus tetap berusaha.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8838358

2 comments:

saya setuju content is the king...

wahh,, ane dapat info baru ni :) hehe nice gan. thennkyuu :)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More